-->

Koper Hilang? Inilah Yang Harus Dilakukan

Koper Hilang? Inilah Yang Harus Dilakukan | Anda berdiri di sebuah korsel bagasi untuk apa yang tampak seperti selamanya ketika aliran tas yang mantap ke ban berjalan melambat, kemudian berhenti. Tas Anda tidak terlihat. Atau tas Anda muncul, tetapi terlihat seperti gorila yang marah telah melemparkannya di kandangnya untuk olahraga. Siapa yang bertanggung jawab atas bagasi Anda yang rusak, tertunda, atau hilang?
Koper Hilang? Inilah Yang Harus Dilakukan
Koper Hilang? Inilah Yang Harus Dilakukan

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Bagasi Anda Tertunda


Jika tas Anda tertunda, cobalah untuk tidak panik. Maskapai penerbangan biasanya memiliki cara untuk melacaknya, dan sebagian besar bagasi yang salah tempat akhirnya dikembalikan. Jika tas Anda sedang dalam penerbangan berikutnya, Anda bisa memilikinya dalam beberapa jam. Jika mereka dikirim ke bandara yang salah, itu bisa memakan waktu beberapa hari. Pastikan untuk segera mengajukan klaim Anda di bandara dan memberikan petugas hotel atau alamat rumah, serta nomor telepon tempat Anda dapat dihubungi.

Maskapai penerbangan biasanya akan membawa barang bawaan Anda saat ditemukan; Anda jarang perlu kembali ke bandara untuk mengambilnya. Selain itu, banyak maskapai penerbangan akan mengganti biaya yang tidak terduga yang disebabkan oleh kehilangan atau keterlambatan (simpan tanda terima Anda!).

Sebelum Anda meninggalkan bandara, dapatkan nomor referensi untuk klaim Anda dan cari tahu cara memeriksa status tas Anda; beberapa maskapai memiliki sistem online sementara yang lain akan memberi Anda nomor telepon untuk meminta pembaruan.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Tas Anda Hilang


Jika maskapai kehilangan tas Anda, pastikan Anda mendapatkan klaim tertulis atas kerusakan. Ini mungkin memerlukan bentuk yang berbeda dari formulir "bagasi yang hilang" yang asli. Ini bisa dilakukan di bandara atau online.

Maksimum maskapai membayar pada tas yang hilang dan isinya saat ini terbatas pada $ 3.500 per penumpang pada penerbangan domestik AS, dan tarif bervariasi per penumpang untuk bagasi yang diperiksa pada penerbangan internasional berdasarkan Konvensi Warsawa atau Konvensi Montreal. Di Amerika Serikat, jika Anda membayar biaya bagasi terdaftar untuk tas Anda yang hilang, maskapai harus mengembalikan biaya Anda. Periksa situs web operator Anda untuk mengetahui spesifikasinya.

Anda mungkin perlu membuat tanda terima untuk membuktikan nilai barang yang Anda miliki di bagasi Anda yang hilang. Jika Anda memilikinya, sertakan salinan dalam dokumentasi apa pun yang Anda kirim ke maskapai. (Ingatlah bahwa Anda akan diganti untuk nilai depresiasi barang Anda — sehingga maskapai tidak akan memberi Anda $ 1.000 penuh yang Anda bayarkan untuk pakaian yang Anda beli dua tahun lalu.) Anda dapat membeli perlindungan “penilaian berlebihan” dari Anda maskapai jika bagasi terdaftar Anda bernilai lebih dari batas-batas ini, tetapi sebelum melakukannya, pastikan barang-barang tersebut belum ditanggung oleh pemilik rumah atau polis asuransi perjalanan Anda. Beberapa perusahaan kartu kredit dan agen perjalanan juga menawarkan perlindungan bagasi tambahan opsional atau otomatis.

Maskapai penerbangan biasanya memiliki daftar barang yang tidak bertanggung jawab; ini termasuk perhiasan, uang, pusaka dan barang berharga lainnya. Barang-barang ini harus selalu ditinggalkan di rumah atau dikemas dalam tas jinjing Anda.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Tas Anda Dicuri


Langsung menuju ke korsel bagasi ketika Anda turun dari penerbangan untuk meminimalkan waktu potensial bagi tas Anda untuk dicuri. Banyak maskapai penerbangan memindai tas ketika dimuat ke area klaim bagasi dan menyimpan catatan, terutama di bandara yang lebih besar. Jika tas Anda hilang setelah Anda meninggalkan area pengambilan bagasi, klaim Anda bukan lagi pada maskapai, tetapi dengan polisi. Asuransi pemilik rumah Anda dapat mencakup koper curian; jika tidak, pertimbangkan untuk membeli asuransi perjalanan .

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Bagasi Anda Rusak


Setelah Anda melepaskan tas Anda dari korsel, segera periksa apakah ada kerusakan atau tanda-tanda gangguan atau kesalahan penanganan lainnya. Laporkan kerusakan sebelum meninggalkan bandara; agen layanan pelanggan maskapai sering ingin memeriksa tas. Perlu diingat bahwa sebagian besar maskapai penerbangan tidak akan mencakup keausan ringan.

Anda kemungkinan besar akan perlu membuat tanda terima untuk perbaikan apa pun, atau diminta untuk menggunakan vendor perbaikan bagasi yang disetujui maskapai. Mintalah petugas klaim bagasi untuk informasi spesifik. Anda tidak ingin mengetahui bahwa Anda telah membayar untuk perbaikan yang tidak ditanggung.

Cara Mencegah Koper Hilang


1. Letakkan nama dan nomor ponsel Anda di bagian luar dan dalam tas Anda.

2. Penyebab paling umum dari kehilangan dan keterlambatan tas adalah keterlambatan check-in dan koneksi yang ketat . Hindari keduanya saat Anda bisa.

3. Kemas semua barang berharga di tas jinjing Anda. Kamera, komputer, obat-obatan, dompet, pusaka, perhiasan, paspor, dan dokumen perjalanan penting tidak boleh ada dalam bagasi terdaftar Anda. (Lihat 10 Hal yang Tidak Harus Dilakukan Saat Memeriksa Tas untuk informasi lebih lanjut.)

4. Perincian. Kedengarannya membosankan, tetapi ketika maskapai menanyakan apa yang ada di tas Anda, Anda tidak ingin melupakan sesuatu yang berharga. Jika Anda membuat daftar pengepakan sebelum bepergian, bertahanlah — ini adalah cara mudah untuk mengingat semua yang Anda masukkan ke dalam tas.

5. Pastikan orang yang memeriksa bagasi Anda menempelkan tiket tujuan yang benar ke setiap tas, dan dapatkan tiket klaim untuk masing-masing.

6. Kemas pakaian ganti di tas jinjing Anda sehingga Anda akan memiliki sesuatu untuk dikenakan jika tas Anda yang diperiksa terlambat. Jika Anda bepergian dengan pasangan, pertimbangkan untuk membagi pakaian masing-masing orang di antara tas-tas Anda; dengan cara ini jika salah satu tas hilang, Anda masing-masing akan tetap memiliki beberapa barang Anda.

7. Asuransi perjalanan adalah jaminan terbaik bahwa Anda akan mengganti kerugian. Lihat 5 Pertanyaan Umum Asuransi Perjalanan, Dijawab untuk informasi lebih lanjut.

8. Pertimbangkan untuk menggunakan layanan pemberian tag bagasi seperti SuperSmartTag atau ReboundTAG . Layanan ini menawarkan tag bagasi dengan nomor seri unik yang dapat dihubungkan ke pemilik koper melalui database online. Situs akan menghubungi Anda segera setelah barang hilang Anda ditemukan.

If All Else Fails


Jika tas Anda hilang, dicuri atau rusak, pastikan untuk segera mengajukan keluhan. (Lihat kiat-kiat ini untuk mengajukan keluhan perjalanan yang efektif .) Jika Anda masih belum mendapatkan kepuasan, atau merasa perlu melaporkan maskapai, hubungi Divisi Perlindungan Konsumen Penerbangan Departemen Perhubungan.

0 Response to "Koper Hilang? Inilah Yang Harus Dilakukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel